Thursday, November 24, 2011

Bahasa Indonesia Kelas 6

Sinonim dan Antonim

1. Sinonim yaitu persamaan arti. ( Bukan persamaan kata )
2. Antonim yaitu perbedaan arti. ( Bukan perbedaan kata )
3. Sinonim dari kontan yaitu tunai.
4. Sinonim dari macan yaitu harimau.
5. Sinonim dari cerdas yaitu cermat
6. Antonim dari tunai yaitu kredit
7. Antonim dari sering yaitu kadang - kadang ( Bukan jarang )
8. Antonim dari pintar yaitu bodoh.

Definisi

1. Orang yang kreatif adalah orang yang memiliki kemampuan daya cipta.
2. Kata kerja adalah kata yang menunjukkan pekerjaan.
3. Penyair adalah seseorang yang menuliskan puisi
4. Puisi adalah karya sastra yang menggunakan kata - kata indah dan kaya makna.
5. Prosa adalah karangan bebas yang tidak terikat oleh berbagai aturan layaknya puisi.

Puisi

1. Puisi adalah karya sastra yang menggunakan kata - kata indah dan kaya makna.
2. Contoh dari puisi yaitu syair, pantun.
3. Contoh puisi :
"Catur"

Aku cinta olahraga permainan ini
Aku kagum
Aku suka

Catur..
Dengan catur aku pun berpikir
Dengan catur aku mengasah otak dan logika.
4. Langkah - langkah memparafrasakan puisi yaitu
A. Bacalah puisi itu berulang kali sampai kamu mengerti artinya.
B. Artikan kata - kata sulit yang tidak dimengerti
C. Rangkailah kata dalam setiap baris menjadi kalimat. Boleh menambahkan kata-kata tertentu asal maknanya tidak diubah.

Sumber : Mitta Devi
24/11/2011
Semoga post ini bisa membantu :)

0 comments:

Post a Comment