Tuesday, January 27, 2015

Tutorial Photoshop (Replace Face)

OK sekarang mari kita lanjut ke Photoshop.
Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop, adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar/foto, dan, bersama Adobe Acrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems.

Tadi di atas adalah tulisan gue loh ya, bukan ngopas dari wiki. Jangan nuduh.
.
.
.
Oke, itu dari wiki.



Lanjut. Sebenernya, gue baru belajar photoshop ini pas diajarin di sekolah. Waktu sebelom disuruh pake photoshop pas komputer, gue sih ngedenger orang pake photoshop photoshop malah "Gimana cara makenya sih?" "Buat apaan?" dan gaada rasa kepengen nyoba. Tapi berhubung pelajaran komputer pake photoshop...........yasudahlah.
Sekarang gue mau ngasih tutorial tentang Photoshop yang sebenernya agak ngakak. Sebelumnya gue mau share dulu bahan dari tutorial kita kali ini :

           

                     1) om persi

 
 











  2) yang akan gue pake adalah muka kaka gue


Untuk gambar, kalian bisa pilih gambar apa aja, ex. orang, hewan juga bisa. Tapi disini gue nyontohin pake gambar om persi dan kaka gue.

Nah, sekarang gue mau share cara-cara replace face. Langsung aja deh gausa lama-lama :

1. Buka Photoshop
2. Buka kedua foto (File > Open > Klik Foto (untuk dobel pake ctrl aja) > Open)















 3. Pada foto yang diinginkan menutupi wajah idola, crop hingga bagian yang diinginkan saja, dengan menggunakan Crop Tool atau tinggal klik C. Kemudian zoom hingga 100%/200%.


4. Nah, sekarang mulai penting. Arahkan kursor ke bagian Background, kemudian klik kanan, pilih Layer From Background, nama layernya terserah, kemudian klik ok.

5. Kemudian kita beralih ke Magic Wand Tool yang bisa dibuka dengan klik huruf W. Kemudian klik bagian warna biru, baju, leher, hingga tersisa muka doang (satu-satu, kemudian klik delete)
6. Nah misalnya kira-kira udah kaya gini, daripada capek satu-satu, lanjut yuk pake eraser! Klik E! Kalo andaikan pas kalian klik, di fotonya gak keapus. Tandanya masih ada titik titik di lembaran kamu, jangan lupa buka tab Select > Deselect. Nah sekarang kamu bisa erase!

Kaya beginilah hasilnya :


7. Setelah ini dengan menggunakan Move Tool (V), tinggal tarik foto yang udah dicrop tadi, ke foto idola kamu.
8. Kemudian, tekan CTRL + T, kemudian sesuaikan besar kecilnya muka dan klik tanda centang

9. Kemudian klik Tab Image > Adjustments > Hue/Saturation, kemudian kamu coba2 aja geser kiri kanan sampe warna mukanya mirip mirip sama badannya.

10. TARAAA!!!! JADI DEH KAKA GUE BERBADAN OM PERSI. Kurang lebih begitulah  hasilnya wkwkwkwk:)



Thankyou for reading!

2 comments: